Jumat, 31 Maret 2017

Day 4 - Berhitung dan Belajar Berbahasa Inggris

Kegiatan Pembelajaran di PAUD Al-Husna
dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building
bersama Teach For Indonesia






Kelas                         : LF53
Dosen                        : Christian Siregar (D3046)
Hari/tanggal               : Kamis, 30 Maret 2017
Pukul                         : 07.30 – 09.30 WIB
Kegiatan                    : Kegiatan menghitung, belajar bahasa Inggris, dan disertai                   dengan games
Lokasi                       : PAUD Al-Husna   
Jl. Jelupang Utama RT 009/03 No.38, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15323.
Tim yang hadir         :
1.    Christian Hadi Kusuma – 2001574546 (Ketua)
2.    Cindy Aprilia – 2001543080
3.    Farra Ayu Bestari – 2001568436
4.    Ines Giovannie Irene – 2001546290
5.    Maria Teresa Priyanka – 2001538055
6.    Melly Ladiani – 2001568000
7.    Windi Safira Giovina – 2001549701




Tim pengajar dari kiri ke kanan :
Christian Hadi Kusuma, Ines Giovannie Irene, Cindy Aprilia, Farra Ayu Bestari, Windi Safira Giovina, Maria Teresa Priyanka,  Melly Ladiani.


Halo!
Pada hari Kamis, 30 Maret 2017 kami melakukan kegiatan mengajar pertemuan keempat.

PELAKSANAAN
Pada pertemuan keempat ini, kami berkumpul di rumah Melly pada pukul 07.00 WIB. Kemudian kami berangkat bersama menuju PAUD Al-Husna. Pada kesempatan kali ini kegiatan yang kami lakukan adalah mengarjakan anak-anak untuk menghitung, belajar bahasa Inggris, dan main games. Kami mengajar di kelas TK-B1 dan TK-B2 pada pukul 07.30 09.30 WIB. Dalam menjalankan kegiatan ini, kami membagi tuas menjadi 2 tim agar pelaksanaan tugas ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Kegiatan mengajar di PAUD Al-Husna diawali dengan baris-berbaris dan membaca doa pagi di luar kelas. Setelah baris-berbaris, anak-anak masuk ke dalam kelas masing-masing dengan terlebih dahulu memberi salam kepada guru-guru. Kegiatan belajar pun dimulai pukul 07.45 WIB.
Di dalam tim untuk TK-B1 dilaksanakannya kegiatan belajar menghitung dengan menggunakan bahasa Inggris dan mengenal lebih dalam bahasa Inggris. Awal kegiatan kami mendalami huruf alphabeth dan angka dengan bahasa Inggris. Selanjutnya, kami mengajarkan anak-anak untukmemperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris, lalukami bernyanyi menggunakan bahasa Inggris dengan judul “Twinkle Twinkle Little Star”. Setelah bernyanyi bersama kami membuat soal hitung-hitungan, seperti “1+1=2” cara yang kami ajarkan mengenalkan bahasa Inggris dari soal-soal tersebut misalnya 1 bahasa inggrisnya “one”, + bahasa inggrisnya “plus”, = bahasa Inggrisnya “equal” dan jawaban dari soalpun harus menggunakan bahasa Inggris misalnya 2 anak-anak mengatakan “two”.


Suasana belajar TK-B1

Di kelas TK-B2 sebelum belajar kami mengajak bermain anak-anak terlebih dahulu. Setelah bermain di kelas TK-B2, kami mulai mengajarkan hitung-hitungan dan sebagian besar dari anak-anak sudah bisa menghitung tambah-tambahandanpengurangan. Pada saat mengajarkan hitung-hitungan, kami selingi dengan mengadakan games. Waktu pun berlalu, pada pukul 08.15 WIB, kami mulai mengajarkan bahasa Inggris. Kami memulainya dengan menyanyi lagu “Twinkle Twinkle Little Star” kepada anak-anak. Mereka perlahan-lahan mengikuti lagu tersebut dengan keceriaan dan semangat. Kami tidak hanya menyanyi lagu bahasa Inggris saja, namun kami juga mengajarkan bahasa Inggris dasar yang mereka pun sudah tahu. Banyak diantara mereka masih salah dalam pengejaan, lalu kami membantu untuk membetulkan dengan menggunakanpengejaan yang baik dan benar.
Pada akhir kegiatan belajar mengajar kami melakukan games atau permainan di kedua kelas tersebut, yaitu menebak arti-arti dari misalnya orange “jeruk” , frog “katak”. Pemenang yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari tim kami akan mendapat hadiah. Tujuan kami melakukan games atau permainan ini agar anak-anak dapat memahami bahasa Inggris lebih dalam.


Suasana belajar TK-B2


Penyerahan hadiah-hadiah kepada pemenang


PENUTUP
Demikian pertemuan keempat yang kami lakukan. Manfaat yang kami dapatkan pada pertemuan kali ini adalah semakin memahami karakter dan sifat anak-anak yang berbeda, mengasah kreativitas dalam mengajar agar anak-anak tertarik pada pelajaran yang kami lakukan dan mengasah kreativitas anak-anak dan kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris serta kami sebagai tim pengajar memahami bahwa kami perlu meningkatkan kesabaran kita dalam mengajar anak-anak yang belum memahami pelajaran yang kami ajarkan.


LAMPIRAN
Nama PAUD : PAUD Al-Husna
Jumlah anak yang diajar pada hari keempat adalah 36 anak, dengan TK-B1 sebanyak 19 anak dan TK-B2 sebanyak 17 anak.

FORM EVALUASI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar