Rabu, 15 Maret 2017

Day 1 - Survey dan Perizinan

Kegiatan Pembelajaran di PAUD Al-Husna
dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building
bersama Teach For Indonesia





Kelas                   : LF53
Dosen                  : Christian Siregar (D3046)
Hari/tanggal         : Selasa, 14 Maret 2017
Pukul                   : 07.30 – 09.30 WIB
Kegiatan              : Survei lokasi, perizinan, dan penyerahan surat TFI
Lokasi                  : PAUD Al-Husna
                       Jl. Jelupang Utama RT 009/03 No.38, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15323
Tim yang hadir   :
1. Christian Hadi Kusuma – 2001574546 (Ketua)
2. Cindy Aprilia - 2001543080
3. Farra Ayu Bestari - 2001568436
4. Ines Giovannie Irene - 2001546290
5. Maria Teresa Priyanka - 2001538055
6. Melly Ladiani - 2001568000
7. Windi Safira Giovina – 2001549701


Tim pengajar dari kiri ke kanan:
Cindy Aprilia, Melly Ladiani, Windi Safira Giovina, Maria Teresa Priyanka, Christian Hadi Kusuma, Farra Ayu Bestari, Ines Giovannie Irene.

Selamat datang di blog kami!
Kami mahasiswa Binus University 2020 dari jurusan Akuntansi dan  jurusan Internasional Marketing. Dalam mata kuliah Character Building : Pancasila, kami mendapat tugas untuk mengajar di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).
Dalam memenuhi tugas tersebut, pada tanggal 14 Maret 2017 kami mengunjungi PAUD Al-Husna untuk melakukan survei, perizinan, dan penyerahan surat mengajar dari TFI. PAUD Al-Husna yang beralamat di Jl. Jelupang Utama RT 009/03 No.38, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15323.
Pada pertemuan pertama, kami bertemu dan berbicara dengan Ibu Lilis selaku kepala sekolah pada PAUD tersebut. Beliau menyambut kami dengan ramah, kemudian menceritakan tentang PAUD Al-Husna baik dari segi sistem mengajar disana hingga menceritakan kegiatan yang biasanya dilakukan pada PAUD tersebut. Kesan yang kita dapatkan dari Ibu Lilis adalah beliau sosok yang ramah, baik hati, dan penyayang.

PELAKSANAAN
Kelompok kami berkumpul di rumah Melly pada pukul 06.45 WIB dan berangkat bersama-sama menuju PAUD Al - Husna. Kami tiba disana pada pukul 06.50 WIB. Sekitar pukul 07.15 WIB, kami disambut oleh Ibu Lilis selaku kepala sekolah PAUD. Kami menyampaikan maksud dari tujuan kedatangan kami kepada beliau, serta meminta izin untuk terlebih dahulu melakukan survei sebelum kami melakukan kegiatan. Ibu Lilis menjelaskan mengenai beberapa hal tentang PAUD Al - Husna. PAUD Al - Husna dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok shift 1 adalah TK - B1 dan TK - B2, sedangkan kelompok shift 2 adalah TK - A1 dan TK - A2. Kegiatan pembelajaran di kelompok TK - A dimulai pukul 09.30 – 11.00 WIB dan kelompok TK-B dimulai pukul 07.30 – 09.30 WIB.
Berikut beberapa foto mengenai PAUD Al-Husna:


Kiri: Ruang Kelas A2 dan B2
Kanan: Ruang Kelas A1 dan B1


Kamar Mandi


Ruang Kelas


Profil, Visi, dan Misi PAUD Al-Husna

 

Aula yang sering dipakai untuk baris berbaris di pagi hari


Papan informasi PAUD Al-Husna


Tempat bermain anak - anak


Piala-piala PAUD Al-Husna

Pada pertemuan pertama, Ibu Lilis megharapkan kami untuk mengajar dan mendampingi kedua shift yang masing-masing shift terdiri dari dua kelas. Tujuannya adalah agar kami dapat merasakan mengajar dikedua shift tersebut dan agar murid PAUD merasakan kegiatan tidak bosan saat proses belajar berlangsung. Setelah kami mendapatkan penjelasan yang lengkap, kami memberikan proposal serta surat mengajar dari TFI kepada beliau. Kemudian proposal kami diterima dan diberikan arahan untuk memperkenalkan diri kepada semua murid yang terdiri dari dua kelas serta mengikuti kegiatan pada hari itu. Kedatangan kami kedalam kelas sempat terasa canggung dan malu, tetapi keadaan itu berangsur-angsur menjadi akrab kepada murid PAUD. Kami pun kemudian mengikuti kegiatan hingga shift satu berakhir. Diakhir pertemuan pertama itu kami berfoto-foto dengan semua murid dan guru pada PAUD Al - Husna.

Kegiatan PAUD Al-Husna:

Baris-berbaris di pagi hari sebelum memasuki ruang kelas


Doa oleh anak - anak


Mewarnai adalah salah satu kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh PAUD Al-Husna


PENUTUP
Kami mendapatkan izin untuk melakukan kegiatan Character Building : Pancasila sebanyak empat kali pertemuan oleh Ibu Lilis selaku kepala sekolah PAUD Al-Husna. Dari hasil survei tersebut, kami dapat mengambil kesimpulan bahwa kami disana akan melakukan serangkaian kegiatan yang tidak membuat anak-anak jenuh. Contoh dari kegiatan yang akan kami lakukan adalah melakukan kegiatan bermain bersama di dalam kelas. Sekian dari hasil kegiatan pertemuan pertama kali di PAUD Al - Husna.

LAMPIRAN
Nama PAUD : PAUD Al - Husna
Jumlah anak yang diajar pada hari pertama adalah 36 anak, dengan TK - B1 sebanyak 19 anak dan TK - B2 sebanyak 17 anak.

FORM EVALUASI


















PROPOSAL KEGIATAN CHARACTER BUILDING : PANCASILA

























SURAT MENGAJAR DARI TFI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar