Kegiatan Pembelajaran
di PAUD Al-Husna
dalam Penerapan
Mata Kuliah Character Building
bersama Teach For Indonesia
Kelas : LF53
Dosen :
Christian Siregar (D3046)
Hari/tanggal :
Kamis, 23 Maret 2017
Pukul : 07.30 – 09.30 WIB
Kegiatan : Kegiatan mewarnai dan
disertai dengan games
Lokasi : PAUD Al-Husna
Jl.
Jelupang Utama RT 009/03 No.38, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan,
Banten 15323.
Tim yang hadir :
1. Christian
Hadi Kusuma – 2001574546 (Ketua)
2. Cindy
Aprilia – 2001543080
3. Farra
Ayu Bestari – 2001568436
4. Ines
Giovannie Irene – 2001546290
5. Maria
Teresa Priyanka – 2001538055
6. Melly
Ladiani – 2001568000
7. Windi
Safira Giovina – 2001549701
Tim pengajar dari kiri ke
kanan :
Maria Teresa Priyanka, Cindy
Aprilia, Ines Giovannie Irene, Christian Hadi Kusuma, Melly Ladiani, Windi
Safira Giovina, Farra Ayu Bestari
Halo!
Pada hari Kamis, 23 Maret
2017 kami melakukan kegiatan mengajar pertemuan ketiga.
PELAKSANAAN
Pada pertemuan ketiga
ini, kami berkumpul di rumah Melly pada pukul 07.15
WIB. Kemudian kami berangkat bersama menuju PAUD
Al-Husna. Pada kesempatan kali ini, kegiatan yang kami
lakukan adalah mengajarkan anak-anak untuk mewarnai dan main games. Kami mengajar di kelas TK-B1
dan TK-B2 pada pukul 07.30 –
09.30 WIB. Dalam menjalankan kegiatan ini, kami
membagi tugas menjadi 2 tim agar
pelaksanaan tugas ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Namun pada saat itu kami mengalami kendala karena
turunnya hujan pada pagi hari yang berakibat anak-anak tidak ke luar kelas
untuk baris-berbaris sehingga kegiatan mengajar di PAUD Al-Husna hanya diawali
dengan membaca doa pagi di kelas masing-masing. Setelah berdoa pagi, ibu guru
dan anak-anak menyambut pagi dengan bernyanyi. Kemudian kami membuka kelas dan
diikuti dengan membagikan kertas yang sudah di cetak dengan banyak macam gambar
hitam putih untuk di warnai oleh anak-anak. Anak-anak mulai mengambil crayon
untuk segera memulai mewarnai gambarnya.
Suasana ketika mewarnai
Waktu berlalu, tidak terasa sudah pukul 08.30 WIB,
waktunya untuk menyelesaikan dan mengumpulkan kertas mewarnai. Anak-anak di
kelas TK-B1 lebih cepat menyelesaikan kertas mewarnai dibandingkan dengan kelas
TK-B2. Selagi mengumpulkan kertas mewarnai dan menunggu anak yang belum selesai
mewarnai, kami pun memulai untuk memberi nilai bintang di kertas mewarnai
anak-anak. Disamping itu, anak-anak yang sudah selesai mewarnai bergegas untuk
mencuci tangannya di wastafel yang terdapat di luar kelas.Lalu anak-anak pun
selesai mewarnai, maka kami memilih anak-anak yang mewarnai gambar tersebut
dengan rapih dan baik untuk mendapatkan hadiah.
Pada kelas B2 setelah kegiatan mewarnai, kami mengadakan
permainan untuk menghibur anak-anak yaitu permainan yang dinamakan ular naga
panjang. Kami melakukan permainan ini agar anak-anak di kelas B2 merasa senang
dan terhibur. Sedangkan pada kelas B1 diadakan permainan yang dinamakan tebak
kata. Setelah itu kami melakukan kegiatan mewarnai dan bermain kami dan anak-anak menunggu waktunya
istirahat. Setelah istirahat selesai kami selaku mahasiswa mengumpulkan
data mewarnai dan berunding untuk
memilih anak-anak yang mewarnai dengan rapih. Kami memilih 4 pemenang di setiap
kelasnya untuk mendapatkan hadiah sebagai prestasi mewarnai.
Suasana saat sedang cuci tangan
Suasana ketika bermain ular naga
Penyerahan hadiah kepada pemenang mewarnai
PENUTUP
Demikian pertemuan ketiga yang telah kami lakukan.
Manfaat yang didapatkan pada pertemuan kali ini adalah belajar untuk lebih
sabar, semakin memahami sifat anak-anak yang berbeda, dan dapat melestarikan
permainan-permainan anak-anak tradisional. Selain itu kami juga memahami apa
yang anak-anak gemari dan apa yang anak-anak inginkan, permainan yang mereka
gemari dan mereka senangi. Kami meminta maaf atas kesalahan dan masih adanya
kekurangan pada blog ini. Sekian hasil pertemuan ketiga kami di PAUD Al-Husna.
LAMPIRAN
Nama PAUD : PAUD Al-Husna
Jumlah anak yang diajar pada hari ketiga adalah 36 anak,
dengan TK-B1 sebanyak 19 anak dan TK-B2 sebanyak 17 anak.
FORM EVALUASI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar